Ekonomi

Dana Desa Tahap I Tahun 2018 Dijadwalkan Cair Januari

Minggu, 24 Desember 2017 - 13:46:10 WIB | dibaca: 143 pembaca

BANDA ACEH - Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan masyarakat Desa dan Kawasan Menko PMK RI, Wijanarko Setyawan menyebutkan Anggaran Dana Desa (ADD) tahap I tahun 2018 dijadwalkan cair bulan Januari. Jumlah alokasi dana desa tahun 2018 masih sama dengan tahun ini yakni Rp 60 triliun untuk 74.910 desa di indonesia.

Wijinarko menyebutkan, pemerintah desa wajib mennggunakan minimal 30 persen dana desa untuk menciptakan lapangan kerja di desa dan dapat memprioritaskan program padat karya agar masyarakat di pedesaan dapat meminimalisir pengangguran, sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat dengan keterlibatannya sebagai pekerja pada program desa yang dikerjakan secara swakelola.

"Dalam pengerjaannya tidak boleh ditender ke pihak ketika setiap pekerjaan seperti upah dan pengadaan kecil lainnya dan para kepala desa harus mengerjakan secara swakelola, penggunaanya kalau bisa paling sedikit 30 persen dialokasi untuk membayar upah dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat," Ujar Wijanarko Setyawan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Provinsi P3MD yang diadakan oleh DPMG Provinsi Aceh di Hotel Grand Nanggroe Banda, Jumat (22/12).

Sementara itu menanggapi hal tersebut Ketua APDESI Aceh Timur berharap agar penyaluran anggaran desa dapat dilakukan sesuai jadwal dan tidak dilakukan di pertengahan bulan seperti yang selama ini terjadi, hal itu kata Mahyuddin sangat penting agar tidak terjadi keterlambatan sehingga para kepala desa dapat mengeksekusi sesuai jadwal dan aturannya, sehingga proses pelaksanaannya pun bisa berjakan dengan baik sesuai harapan bersama.

"Bukan keuchik yang lalai dalam laporan, akan tetapi tahap awal dicairkan pada pertengahan tahun sehingga terjadi kejar-kejaran pelaksanaannya dengan laporan, dan hal itu jangan disalahkan kepala desa semata. Bahkan di tingkat pemerintah provinsi aja masih terdapat berbagai kelemahan termasuk pengesahan APBA yang molor konon lagi di tingkat desa yang SDM-nya masih terbatas. Jadi kita berharap mari bersama-sama kita intropeksi dan jangan saling menyalahkan agar ke depan semuanya lebih baik lagi demi pembangun daerah kita ini," pungkas Mahyuddin.

Sumber:AJNN










Komentar Via Website : 4
Obat Dispepsia Untuk Ibu Hamil
03 Januari 2018 - 10:56:36 WIB
Terimakasih banyak atas infonya, semoga infonya bermanfaat...
Empedu Bocor Pada Anak Penyebab, Gejala Dan Pengobatan
10 Januari 2018 - 10:08:39 WIB
Terimakasih banyak atas infonya semoga infonya bermanfaat.
Khasiat Walatra Green Coffee
10 Januari 2018 - 13:48:23 WIB
Selamat Menempuh hidup baru di tahun 2018, semoga kami dan kalian di beri banyak rezeki. ammmin :-)
Obat Maag Kronis Terampuh
26 April 2018 - 14:57:16 WIB
Terimakasih atas informasinya http://goo.gl/aLuLJv
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)