Politik

Datang Ke Riau,Sandi Uno Di Sambut Lautan Manusia Dan Gemuruh Takbir

Selasa, 04 September 2018 - 20:29:16 WIB | dibaca: 47 pembaca

PEKANBARU- Lautan manusia menyambut kedatangan Sandiaga Salahudin Uno (SSU) di Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Selasa petang semalam (4/9/2018). Ia berjalan kaki dari rumah tokoh masyarakat Riau T. Lukman, Jalan Diponegoro, diiringi kompang, yang dipagar rapat agar perjalanannya tetap lancar

Teriakan histeris berkali-kali terdengar, diiringi takbir berkumandang. Sandi sekali-kali menerima jabatan tangan warga, sambil tidak lepas-lepas menebar senyum. Pakaiannya berwarna merah maron denan tanjak bentuk laksemana, amat cocok dengan kulitnya, sehingga sosok Sandi bak pangeran dari kayangan.

Suasana di dalam balairung Tenas Effendy, tempat upacara adat juga sangat padat. Tidak begitu mudah ia dapat masuk ke dalam balai tersebut. Panitia akhirnya melarikan Sandi lewat pintu samping, menghindar dari pintu utama.

Tak pelak, suasana ceria bertebar di mana-mana. Apalagi sekitar 20 menit setelah acara berlangsung, Datuk Seri Ulama Setia Negara Abdul Somad, muncul dalam ruangan. Mereka berdua kemudian dielu-elukan dalam suatu nada sebagai sosok penting di Tanah Air dari Riau.

Berbagai pihak hadir dalam acara yang dinamakan Upacara Adat Tepuk Terpung Tawar Terhadap H. Sandiaga Salahuddin Uno itu. Tampil sebagai penepuk tepung tawar antara lain H. Saleh Djasit, Wan Abu Bakar, Datuk Dubalai Nasrul, Batin Solapan Sakai M. Yatim, Ketua kerabat kerajaan Siak T. Mukhtar Anum, Ketua Kekerabatan Kerajaan Inderagiri H. Meizir Mit.

Tak kelah pentingnya, hadir LAMR kecamatan, kabupaten/ kota se-Riau. Selain itu adalah utusan kelompok masyarakat semacam Sakai, Laut, Talang Mamak, dan Bonai. Juga pemuka adat dari sejumlah provinsi di Sumatera, pimpinan pagayuban, dan masyarakat luas. (RK1/*)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)