Hukum

Dipecat Mendadak, Mantan Karyawan PT CMB Lapor ke DPW PPI Meranti

Senin, 26 Maret 2018 - 16:06:36 WIB | dibaca: 251 pembaca

SELATPANJANG - Ketua DPW Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) Meranti "Zainudin" mendapat pengaduan dari salah seorang pelaut "Feri Handayani" yang telah dirugikan hak-haknya oleh PT Pelayaran Cahaya Mulia Bahari (CMB) beralamat Jl.Sulaiman Syaid Qasim GG Rintis 1.No 1,Pekanbaru.

Mantan nakkoda dari TB Satria samudara 03 yang diketahui berkerja lebih kurang lima tahun itu datang melapor kepada saya selaku ketua PPI kepulauan meranti bahwasannya ia diberhentikan secara sepihak oleh direktur perusahaan tanpa jalur resmi dan melimpahkan perkara tersebut guna menagih semua hak-hak yang perlu di realisasikan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku terhadap perusahaan tersebut.

"Kami sangat menyayangkan atas sikap perusahaan yang tidak kooperatif seperti itu, kita akan terus melakukan pendekatan kembali secara persuasif dan akan melayangkan surat guna mempertanyakan serta klarifikasi dari pihak perusahaan terkait pemecatan sepihak dan tidak adanya surat resmi pemberitahuan pemberhentianya Nahkoda tersebut", kata Zainudin. 

Tak hanya itu, Zainudin juga menyebut bahwa tindakan perusahaan yang pemutusan hubungan kerja secara sepihak melangar hukum, didalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan Pasal 151 ayat (2), (3) jo pasal 155 ayat (1) dan pasal 170 diatur bahwa tidak ada yang namanya PHK sepihak,itu hanya modus saja untuk membuat si pelaut jenuh dan akhirnya menajukan surat pengunduran diri, hal itu dilakukan tidak lain tidak bukan untuk menghindar pembayaran hak-hak pekerja, dari upah hingga jaminan sosial hilang. 

Ia juga menilai, pihak perusahaan diman tempat Feri Handayani berkerja sepertinya  memang tidak mempunyai etikat baik terutama dalam proses penyelsaiyan perkara ini, mengapa tidak setiap yang berkomunikasi lansung dengan Direktor perusahaan Herdi untuk menayakan hal tersebut semua diblok olehnya.

Ironisnya, si pelaut itu menyatakan sudah pernah mendatangi kantor perusahaan tersebut untuk menayakan pokok permasalahaan dan penyelesaian kasusnya secara kekeluargaan, namun pihak perusahaan malah tidak menagapinya.

Menanggapi hal itu, dalam waktu dekat ini Ketua DPW PPI berencana akan menurunkan tim nya untuk menemui pihak perusaahan maupun Disnaker Provinsi dan akan melanjutkan laporkan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan untuk meminta pihak perusahaan dipanggil guna memberikan keterangan dan mencari titik penyelesaian melalui jalur mediasi.

Herdi Direktor ketika dikonfirmasi melaui via telfon tidak ditangapi kemudian dilanjukan melalui WhastApp pribadinya,Minggu 25/03/2018, dengan sombong mengatakan betia itu tidak benar.

"Selamat siang, itu berita hoax, tanpa bukti. Hanya oknum pelaut cari sensasi,sampai saat ini PT. CMB belum pernah PHK sepihak karyawan," Jelasnya lalu membelokir WhastApp.***(Tommy) 










Komentar Via Website : 1
cara menghilangkan kista ganglion secara alami
16 Januari 2019 - 14:31:53 WIB
thanks you information
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)