Kecamatan

Diskes Meranti Tinjau Pengelolaan Gula Berbahan Sagu Di Tebing Tinggi Timur

Selasa, 23 Oktober 2018 - 20:04:37 WIB | dibaca: 97 pembaca

TEBINGTINGGI  TIMUR-Kabupaten kepulauan Meranti merupakan daerah yang di kenal  sebagai daerah penghasilan sagu, dari bahan sagu tersebut, selain dijadikan sebagai bahan makanan,masyarakat juga mengolahkan sagu untuk dijadikan gula cair atau gula sagu.

Sejauh ini an ini sudah  uji coba cara mengolahannya.namun untuk mendapatkan layak atau tidak layak dikosumsi kita harus lakukan uji laboraturium melalui dinas terkait.Kata pak Camat Suyatno.

"Alhamdulillah pada selasa 23 0ktober 2018 ini kita di datangi oleh tim dari dinas kesehatan kabupaten kepulauan meranti katanya.

Tim tersebut untuk meninjau langsung pembuatan gula sagu di Usahah Peningkatan Pendapatan Keluarga ( up2k) kecamatan Tebing tinggi timur di jalan pelabuhan  sekali gus pemeriksaan sarana Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP).

Hal ini juga dalam rangka perizinan dari dinas kesehatan kabupaten kepulauan Meranti, jelas  H.Suyatno S.pd.MM,selaku  Camat tebing tinggi  timur kepada media ini.


Dalam peninjauan pengelolaan  gula sagu tersebut kita mengusulkan bagaimana dari gula sagu tersebut bisa dijadikan sirup,tidak hanya itu,pihak dinas kesehatan juga mengambil sample,cara pengolahan dan akan di usulkan oleh dinas perdaganagan dan diberi lebel,seperti kopi yang berada di kecamatan Rangsang barat.

Lanjut  camat lagi  semua  sample tersebut  akan dibawa ke bandung untuk di uji dilaboraturium dan akan dibawa ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan( BPOM) untuk mendapatkan izin.

Jadi ini menggunakan waktu yang agak lama,dan ini  merupakan suatu kesempatan untuk masyarakat tebing tinggi timur  untuk mendapatkan penghasilan,tutup Suyatno.(Sahrul)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)