Politik

Firdaus-Rusli Effendi Mendaftar Ke KPU Tanpa Di Dampingi Istri

Rabu, 10 Januari 2018 - 11:04:10 WIB | dibaca: 143 pembaca

PEKANBARU- Di  lantai 3 Kantor KPU Riau, sudah tersedia pelaminan. Namun pasangan bakal calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, Firdaus MT- Rusli Effendi hanya duduk berdua tanpa didampingi istri mereka masing-masing saat mendaftar, Selasa (9/1/208). 

Terkait Pasangan Calon (Paslon) tanpa didampingi istri ini, tidak seperti Paslon sebelumnya yang mendaftar, salah seorang komisioner KPU Riau, Ilham, mengatakan, kehadiran istri tak wajib, yang wajib kedua Paslon dan pimpinan (ketua atau sekretaris) dari Parpol pengusul. 

"Kehadiran istri kami serahkan ke si Paslon, tapi untuk istri kita siapkan tempat duduk di pelaminan," ujar Ilham.

Soal kehadiran istri, sambung Ilham, KPU Riau hanya memberi imbauan saja. Hal ini merupakan kebijakan KPU Riau karena pihaknya menyiapkan tempat duduk.

"Karena ada Paslon yang minta untuk bawa istri, maka harus diberi perlakuan yang sama untuk menyediakan tempat duduk istrinya. Soal bawa atau tidak, kami serahkan ke mereka," ucap Ilham.

Imbauan bawa istri dari KPU Riau itu, dituangkan dalam bentuk surat tertulis lewat LO. Karena KPU Riau menyediakan kursi untuk istri. "Tempat duduknya kami sudah standbykan," ujar Ilham.

Terkait Paslon yang mendaftar, jelas Ilham, jika salah satu Paslon tak hadir tanpa alasan yang jelas, misalnya sedang umrah atau dirawat, harus menunjukkan surat keterangan dokter. 

"Jika tak bisa menunjukkan alasan yang jelas, pendaftaran pada saat itu tak bisa diterima. Kalau tanpa istri bisa diterima karena ini sifatnya hanya imbauan," kata Ilham.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)