Politik

Hasil Rapat Dengan Bawaslu,KPU Tidak Bisa Melanjutkan Pendaftaran Syamsurizal-Zeini Ismail

Kamis, 11 Januari 2018 - 11:52:24 WIB | dibaca: 198 pembaca

PEKANBARU- Kedatangan pasangan Syamsurizal-Zaini Ismail mendaftar tengah malam  membuat kejutan di Pilgub Riau 2018.

Pasangan yang datang 30 menit sebelum berakhirnya masa pendaftaran Rabu (10/1/2018) ini membuat komisioner KPU harus bergerak cepat.

Pasalnya komisioner yang ada di KPU Riau saat itu hanyalah Abdul Hamid dan Ilham M Yasir.

Kemudian Hamid menelepon semua komisioner dan staf KPU Riau untuk hadir.
"Banyak juga yang dijemput tadi malam, sebagian sudah tidur bangunkan untuk datang kembali ke kantor, memproses calon yang mendaftar terakhir tersebut," kata Komisioner KPU Riau, Abdul Hamid kepada Tribun, Kamis (11/1/2018) subuh.


Selain kedatangan yang tiba-tiba, kejutan lain juga dihadirkan pasangan ini dengan partai pengusungnya.

Pasangan tersebut menurut Hamid mengklaim didukung oleh Gerindra dan PKB, yang sebelumnya sudah digunakan Lukman Edy dan Hardianto untuk mendaftar ke KPU Riau.

Namun, setelah mengadakan rapat dengan Bawaslu Riau, akhirnya disepakati bahwa pencalonan pasangan Syamsurizal-Zaini Ismail tidak bisa dilanjutkan.

Ditanya apakah berkas dukungan Surat Keputusan (SK) partai yang dibawa adalah asli atau tidak, Hamid mengatakan pihaknya tidak sampai pada tahap itu, karena dari syarat awal saja bakal calon tersebut sudah tidak memenuhi syarat, karena mendaftar menggunakan partai yang sudah dipakai sebelumnya oleh calon lain.

"Kami jelaskan baik-baik dan akhirnya mereka bisa memahami, dan menerima yang kami sampaikan, dan mereka akhirnya kembali," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya kejutan hadir di Pilgub Riau 2018.

30 menit sebelum masa pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur di KPU Riau berakhir, tiba-tiba datang pasangan Syamsurizal-Zaini Ismail. 

Pendaftaran Syamsurizal dan Zaini Ismail ke KPU Riau (istimewa)
Pasangan ini datang Rabu (10/1/2018) jelang tengah malam. 
Komisioner KPU Riau yang ada di kantor saat itu tinggal Abdul Hamid dan Ilham M Yasir. 
Komisioner yang ada pun menelepon semua komisioner dan staf KPU Riau untuk hadir.
Cukup banyak yang dijemput tadi malam bahkan sebagian juga sudah ada yang tidur.


Staf yang sudah tidur pun dibangunkan untuk datang kembali ke kantor, memproses calon yang mendaftar terakhir tersebut.

Tidak hanya staf dan komisioner KPU Riau yang hadir, tapi juga stakeholder lainnya, misalnya aparat kepolisian, dan juga pihak Bawaslu datang ke KPU Riau tersebut.
"Semua kita hubungi lagi, dan semuanya datang," imbuhnya.

Karena kehadiran Syamsurizal dan Zaini Ismail tanpa melakukan koordinasi dengan pihak KPU Riau, mau tidak mau perlakuan terhadap mereka terpaksa berbeda dengan perlakuan terhadap bakal calon yang sudah mendaftar sebelumnya.

"Terutama dalam hal penyambutan, di mana sebelumnya bakal calon disambut dengan kompang, silat, dan berbalas pantun, namun dalam penyambutan mereka kali ini terpaksa tanpa ada hal tersebut karena kita benar-benar tidak memiliki persiapan apa-apa untuk menerima mereka," ujarnya.

Hadir awalnya sekitar dua puluh orang yang mengantarkan pasangan tersebut, namun perlahan mulai menghilang dan tinggal belasan orang. (*)

Sumber:Tribun pakanbaru










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)