Kecamatan

Pemkab Meranti Panen Raya Di Anak Setatah

Kamis, 07 Februari 2019 - 17:22:52 WIB | dibaca: 31 pembaca

RANGSANG BARAT-Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim melakukan panen raya padi di Desa Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir, dalam panen raya padi yang dikemas dengan acara dialog bersama masyarakat itu Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim meminta kepada masyarakat lebih serius mengelola lahan sawah agar produksi padi lebih meningkat, Pemkab. Meranti sendiri ditegaskan Wabup siap memfasilitasi infrastruktur pendukung seperti pembuatan tanggul, pembangunan jalan pertanian maupun bibit unggul, Kamis (7/2/2019).


Turut mendampingi Wakil Bupati Kepala Dinas Perkebunan Drs. T. Efendi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Ir. Jaka Insita, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs. Azza Fahroni, Kabag ULP Janefi Meza, Kabag Kesra Sekda Meranti Drs. Husni Gamal, Kabag Adpem Sekda Meranti Fadli, Sekretaris Dinas Pertanian, Kabid Perencanaan Bappeda M. Arif, Camat Rangsang Barat Drs. Idris Sudin, Kades Anak Setatah Abu Hasan Sahari, Perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan Dinas PU, Perwakilan Koramil Selatpanjang, Perwakilan Polsek Rangsang Barat, Bagian Perbatasan dan Dinas terkait lainnya, Gapoktan dan Ratusan masyarakat setempat.

Panen Raya secara simbolis langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, Kepala OPD dan perwakilan Forkopimda.

Dalam kegiatan itu Wakil Bupati juga melakukan penyerahkan bantuan  perontok padi kepada Gapoktan setempat.


Sekedar informasi Panen Raya kali ini dilaksanakan di Desa Anak Setatah dengan luas sawah garapan sebesar 130 Ha, perhektar lahan sawah di klaim dapat menghasilkan 4.5 Ton gabah, dan lahan tersebut dikelola oleh kelompok tani setempat dengan jumlah anggota 250 orang.


Panen Padi ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya kegiatan serupa juga dilakukan oleh Sekda Meranti H. Yulian Norwis di Desa Bina Maju Kecamatan Rangsang Pesisir dengan luas lahan padi sebesar 45 Ha.


Setelah menyaksikan hamparan sawah yang luas dan melakukan Panen Raya bersama, Wakil Bupati mengucapkan apresiasinya kepada para petani yang telah bersungguh-sungguh menanam padi. Kedepan ia berharap para petani lebih serius lagi menggarap lahan sawah di Rangsang Pesisir yang begitu luas dan memiliki potensi besar agar apa yang dicita-citakan yakni Swasembada pangan di meranti dapat terwujud.


Pada kesempatan itu Wakil Bupati menegaskan Pemkab. Meranti memberikan perhatian serius pada masyarakat untuk meningkatkan produksi padinya, salah satunya dengan membangun infrastruktur pendukung Jalan Usaha Tani (JUT). Seperti yang diusulkan oleh Kalimi salah seorang perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Bina Maju yang meminta pembangunan jalan pertanian sepanjang 4 KM.


"Kami berharap Pemkab. Meranti dapat membangun Jalan Usaha Tani dan Jalan Pertanian untuk memudahkan petani membawa hasil produksi padi," ujar Kalimi.


Aspirasi yang juga disampaikan oleh Umar dari Gapoktan Sukarami langsung disambut positif oleh Wakil Bupati dengan langsung meminta Dinas terkait yakni Bapeda Meranti untuk membuat perencanaan. 


"Saya minta Bapeda catat pembangunan Jalan Usaha Tani sepanjang 4 KM di Kec. Rangsang Pesisir, buat perencanaanya koordinasi dengan Dinas PU untuk mengukur dan pelaksana," ujar Wakil Bupati.


Ia juga menekankan, Bappeda selaku perpanjangan tangan Kepala dan Wakil Kepala Daerah yang bertugas membuat perencanaan dapat lebih jeli dan mampu mencerna apa yang dibutuhkan masyarakat carannya dengan langsung turun kelapangan agar mengetahui kondisi real.


"Bapeda harus menjadi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah bukan Badan Pengumpul Perencanaan Daerah," ucapnya lagi.


Wakil Bupati berharap luas lahan Sawah di Meranti sebesar 5400 Ha yang tersebar di 7 Kecamatan di Meranti dapat menghasilkan produksi yang memuaskan. Masalah lainnya yang perlu ditangani sesuai usulan masyarakat adalah usulan Tanggul, untuk itu Wakil Bupati meminta aparat yang mengerti tentang pengairan s










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)