Politik

Said Abubakar Assegaf Dan Said Hasyim Serahkan Motor Sampah Dan Panel Listrik Tenaga Surya

Senin, 04 Desember 2017 - 19:33:30 WIB | dibaca: 63 pembaca

MERANTI-Anggota Komisi VII DPR RI H. Sayed Abubakar Asegaf bersama Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim dan Direktur Energi Baru dan Terbarukan Kementrian ESDM Nur Arifin, menyerahkan Lampu Hemat Energi beserta Sel Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebanyak 480 Unit, dan motor Kaisar untuk pengelola sampah dari Kementrian Lingkungan Hidup RI, penyerahan bantuan yang merupakan aspirasi dari anggota DPR RI Sayed Hasyim untuk Meranti itu dipusatkan di dua tempat yakni motor di Aula Kantor Bupati dan Lampu Hemat Energi di Desa Sungai Tohor Barat, Kecamatan Tebing atinggi Timur, Senin (4/11).


Turut hadir dalam penyerahan bantuan itu Wakil Ketua DPRD Muzamil, Kepala BLH Hendra Putra, Kadis Perindag Drs. Azza Fahroni, Kabag Ekonomi Agusyanto, Camat Tening Tinggi Timur Tunjiarto, Camat Tebing Tinggi Rizki Hidayat, Kepala Desa Sungai Tohor Barat Nordiansor, Tokoh Masyarakat Siak Tengku Mokhtar dan lainnya.

Seperti dijelaskan Anggota DPR RI Sayed Abubakar, bantuan yang diberikan ini merupakan aspirasi dari masyarakat yang coba ia wujudkan berkerjasama dengan Kementrian ESDM dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Sebagai wakil rakyat daerah pemilihan Riau I yang meliputi Meranti, Dumai, Siak, diakui Sayed Abubakar dirinya banyak menerima masukan dari masyarakat  khususnya masyarakat Meranti yang tinggal cukup jauh dipedesaan dimana wilayah tempat tinggalnya belum terjangkau jaringan listrik PLN sehingga sangat minim penerangan.

Didasari hal tersebut H. Sayed Abubakar yang dikenal dengan panggilan 'Bang Ibek' ini mencoba membantu masyarakat melalui penyerahan bantuan 480 unit lampu hemat energi lengkap dengan Sel Pembangkit Listk Tenaga Surya yang mampu menghidupkan beberapa lampu. Melihat kondisi desa-desa di Meranti yang sangat membutuhkan lampu penerangan, Iapun berencana akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang mampu menerangi seluruh wilayah Desa Sungai Tohor dan sekitarnya.

"Semoga kedepan kita dapat membangun pembangkit listrik tenaga surya kapasitas besar yang mampu menerangi semua wilayah desa, karena ini merupakan tugas saya untuk mewujudkan aspirasi masyarakat,"paparnya.

Dengan adanya bantuan itu H. Sayed Abubakar berharap masyarakat yang berada dipelsok desa Meranti yang belum terjangkau jaringan listrik PLN masih dapat menikmati cahaya lampu, agar aktifitas bisa berjalan dengan baik, dan yang tak kalah penting anak anak dapat mengaji dan belajar.

Selain diberikan kerumah-rumah masyarakat paket lampu hemat energi ini juga dipasangkam pada jalan-jalan yang menuju rumah ibadah dan aktifitas publik lainnya sebagai penerangan sekaligus mengantisipasi kriminalitas.

Seperti disampaikan Direktur Energi Baru dan Terbarukan Kementrian ESDM Nur Arifin, bantuan yang disalurkan Kementrian ESDM ini merupakan nawacita Presiden Jokowi melalui pengadaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi menerangi hingga ke Desa, tahun ini Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti mendapat bantuan 480 unit. Dengan pertimbangan kondisi desa-deaa di Meranti masih banyak yang belum terjangkau jaringan listrik Nur Arifin menyarankan kepada Pemda untuk mengusulkan kembali bantuan yang sama agar lebih banyak maayarakat yang memperoleh manfaat.

"Tahun depan dikirimkan lagi usulan untuk ditindak lanjuti kekurangannya, sehingga dapat berguna untuk penerangan rumah tangga khsusnya bagi anak anak belajar," ujarnya.

Sekedar informasi, Paket Lampu Hemat Energi dan Sel Pembangkit Listrik aspirasi Anggota DPR RI Sayed Abubakar melalui Kementrian ESDM ini, bergaransi 3 tahun, jika dalam jangka waktu tersebut mengalami kerusakan maka dapat dilaporkan untuk dilakukan perbaikan.

Menyikapi 2 jenis paket bantuan yakni kendaraan operasional pengelolaan sampah dan lampu hemat energi lengkap dengan sel pembangkit listrik itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengucapkan apresiasi kepada anggota DPR RI H. Sayed Abubakar Assegaf, menurutnya bantuan itu memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Meranti. Apalagi saat ini Pemda Meranti tengah menggesa pembangunan jaringan listrik dipedesaan.

"Saat ini Pemda terus menggesa pembangunan jaringan listrik pedesaan melalui dana APBD yang dianggarkan tiap tahun, sejauh ini sebanyak  70 persen wilayah pedesaan di Meranti telah teraliri listrik yang akan diupayakan hidup selama 12 jam," ungkap Wakil Bupati seraya berharap bantuan serupa dari Kementrian dapat terus ditingkatkan.

Begitu juga terhadap bantuan motor operasional pengelolaan sampah yang sangat sejalan dengan program Pemda saat ini yang mana akan memperbaiki sistem managemen pengelolaan sampah yang tentunya membutuhkan kendaraan pengangkut sampah industri dan rumah tangga.

"Kita merencanakan akan meningkatkan sistem pengolahan sampah, dengan melibatkan RT/RW serta Lurah untuk mendata jumlah sampah organik dan non organik masyarakat nantinya sampah sampah itu akan dipisahkan antara yang organik dan non organik untuk dimanfaatkan lagi menjadi pupuk dan sumber pendapatan yang tentunya membutuhkan kendaraan operasional salah satunya motor pengangkut sampah," papar Wakil Bupati.

Ia berharap dengan adanya bantuan motor pengangkut sampah itu, apa yang telah direncanakan Pemda mencibtakan Meranti yang bersih dan sehat melalui management pengelolaan sampah yang baik dapat diwujudkan. 

"Dengan managamen pengelolaan sampah yang baik akan dapat mengurangi subsidi dan menghasilkan restribusi bagi daerah," pungkas Wakil Bupati. (***).

 










Komentar Via Website : 4
Obat Hipertensi Alami Paling Ampuh
05 Desember 2017 - 09:01:44 WIB
Terima kasih atas informasi yang anda sajikan pada pagi hari ini ? https://goo.gl/sAekTg | https://goo.gl/vN9oxJ | https://goo.gl/3B231i | https://goo.gl/P2MPBo | https://goo.gl/tF3hx1
Penyebab Kencing Darah
05 Desember 2017 - 09:26:03 WIB
Sangat Bermanfaat http://goo.gl/2E4kZx
Penyebab Bopeng Sulit Di Hilangkan
05 Desember 2017 - 15:43:16 WIB
Sangat Bermanfaat http://goo.gl/TwGg3e
obat kuat
06 Desember 2017 - 05:26:10 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)