Internasional

Si Aseng Yang Memakai Baju Loreng Mirip TNI Itu Akhirnya Terciduk

Minggu, 24 Desember 2017 - 12:39:14 WIB | dibaca: 153 pembaca

KAMPAR-– Bukan main lagi Tan Jianwu, warga Negara WNA Cina, pergi belanja di Pasar Madani Ulul Abab, Siak Hulu, Kampar, Riau, mengenakan pakaian mirip loreng.

Hal ini membuat sejumlah warga bertanya-tanya. Sehingga pemilik akun facebook atas nama Akbar Darmawan mengupload sebuah foto seorang Cina berpakaian menyerupai seragam TNI disertai tulisan; “ngasi tau aja buat semuanya, tadi dapat kiriman dari sahabat jumpa tentara cina lengkap dengan seragamnya. Lokasi Pasar Ulul Albab Jl. Pasir Putih Kab. Kampar… kira-kira ngapain ya”.

Postingan ini kemudian disampaikan melalui akun Facebook Kapolsek Siak Hulu siang Sabtu (23/12/2017) dan sempat ramai dikomen di media sosial, 

selanjutnya Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa Ss, MH memerintahkan jajarannya untuk melakukan penyelidikan.

Kemudian didapat informasi bahwa WNA Cina yang dimaksud merupakan karyawan di PT. Riau Perkasa Steel (PT. RPS) yang beralamat di Desa Baru Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.


Pada pukul 15.00 WIB, Kapolsek Siak Hulu berkoordinasi dengan Danramil 06 Siak Hulu, Kapten Hadi Prayetno, untuk bersama-sama menjumpai WNA Cina tersebut di PT. RPS untuk mengecek langsung kebenaran informasi tersebut.

Pukul 16.00 WIB, Kapolsek Siak Hulu, Kompol Vera Taurensa Ss, MH didampingi Ps. Panit Intel beserta Danramil 06 Siak Hulu Kapten Hadi Prayetno dan 2 orang anggota Koramil tiba di lokasi PT. RPS.

Dari hasil keterangan Humas PT. RPS, Zheng Guo Ren, bahwa yang mengenakan pakaian menyerupai seragam TNI ini memang benar adalah karyawan di perusahaan tersebut.

Identitasnya berdasarkan data Kemententerian Ketenagakerjaan RI (IMTA) yaitu:

Nama : Tan Jianwu
Tanggal lahir: 22 September 1980 Kewarganegaraan: RRC
Alamat : Jln. Raya Pasir Putih Km 6,5 Desa Baru Kec. Siak Hulu Kampar
Pekerjaan : Mechanical Engineer.
Nomor Pasport : G47974652

Menurut keterangan Tan Jianwu ini, bahwa dia memang memakai baju tersebut pada hari Minggu 17 Desember 2017 saat pergi berbelanja sembako untuk keperluan sehari-hari.


Yang bersangkutan membeli baju tersebut sewaktu dia masih berada di cina melalui internet seharga $60 sekitar Rp.120 ribu dan tidak mengetahui bahwa baju tersebut menyerupai seragam TNI yang dilarang dipakai selain anggota TNI, baju tersebut juga digunakan sehari-hari olehnya di lokasi kerja.

Dandramil 06 Siak Hulu meminta kepada Humas PT. RPS untuk melarang karyawannya mengunakan pakaian menyerupai seragam TNI baik dilingkungan perusahaan maupun saat keluar.

Sementara itu Kapolsek Siak Hulu menyampaikan kepada Humas PT. RPS agar pakaian yang menyerupai seragam TNI tidak dipakai lagi oleh karyawannya, untuk menghindari salah penafsiran dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Tanggapan dari Mr. Zheng selaku Humas PT. RPS, beliau meminta maaf atas kejadian ini dan akan mengawasi semua pekerja yang ada di PT. RPS supaya tidak terjadi kesalahan serupa dikemudian hari. 

Sumber:Riaukepri










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)